Cara Custom Domain Blogger ke .com


Custom domain merupakan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternatif menggantikan nama blog kita di blogger (blogspot). Kita bisa menggantikan alamat blog seperti namablog.blogspot.com menjadi namablog.com atau .org, .net, .web.id ataupun lainya.






Banyak sekali para sahabat blogger yang masih bingung cara custom domain di blogger, pesan seperti ini sering saya terima baik melalui komentar dari blog saya ataupun dari YM saya. sempat kewalahan juga saya menjawab pertanyaan pertanyaan seperti ini  yang notabenya sama semua pertanyaanya. Dari pada saya membuat kecewa member saya dan gak bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang masuk semua, alangkah baiknya saya membuat sebuah ebook agar sahabat semua bisa mendownload dan mempraktekanya langsung.

Penjelasan singkat tentang cutom domain.

Custom Domain merupakan  nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternatif mengganti nama blog mu di blogger (blogspot). Sahabat bisa mengganti alamat namablog.blogspot.com menjadi namablog.com. dengan menggunakan nama domain sendiri tentu blog akan terlihat profesional dan terlihat  serius dalam pengolahanya. Ingat sobat “ jangan salah mengartikan maksud dari profesional, disini hanya sebagai kiasan saja bukan berarti dengan domain sendiri lantas  blog langsung dikatakan prosfesional, namun tidak ada salahnya sahabat mencoba kearah ini sebagai bukti kalau sahabat serius  dalam mengelola blog  milik sahabat.  

Sebelum melangkah lebih jauh tentang custom Domain mungkin tanya jawab dibawah ini bisa menjawab sebagian pertanyaan sahabat ;

Sahabat :  Mas Soleh, apakah kita perlu melakukan Custom Domain ?

Mas Soleh :  ini merupakan pertanyaan yang abstrak buat saya, semua jawaban tergantung pada diri kita masing masing. Mungkin dengan menggunkan Custom Domain sendiri tentu blog sahabat lebih  serius dalam pengoalhanya.

Sahabat : Mahal nggak mas untuk beli domain ?

Mas Soleh : untuk membeli sebuah domain tidaklah mahal, sama dengan harga dua bungkus rokok sampoerna sekitar 20-35 ribu rupiah untuk di godady jika anda memiliki sebuah kupon. Tapi jika anda tidak mempunyai satu buah domain sekitar 75-100 ribu untuk di rumah web.

Sahabat : Apakah proses regestrasi nama domain  cukup sulit dan memakan waktu ?

Mas Soleh : Tidak juga, setelah sahabat melakukan regestrasi pembelian domain pada layanan yang sahabat beli selanjutnya sahabat hanya cukup meluangkan waktu sebentar  ke ATM jika membeli domain dari lokal untuk proses pembayaran.

Sahabat : Apakah kita harus punya Hosting juga Mas ?

Mas Soleh :  Siapa bilang ?  sahabat hanya butuh domain saja, sementara untuk hostingnya tetap di blogger ( jika seudah mempunyai hosting sendiri blogger memberikan sahabat kemudahan dengan mengarahkan ke server FTP eksternal, nanti saya akan jelaskan di artikel berikutnya).

Sahabat : Cara Ngecek domain dimana Mas ?

Mas Soleh : Banyak sekali saat ini untuk media pengecekan sebuah domain. Silahkan anda cek di  google dengan kata kunci “domain lookup”.

Sahabat : Cara daftar nama domain dimana Mas ?

Mas Soleh : Jawaban yang ini Relative,  saya tidak mungkin memberikan salah satu alamat karena tidak ada hubunganya langsung dengan jasa domain dan hosting yang akan digunakan. Namun cara yang mudah bisa anda cari di google dengan kata kunci “hosting murah” atau “nama domain murah” .

Sahabat : Trus kalau dah beli diapain Mas ?

Mas Soleh : Sahabat tinggal melakukan setting kepenyedia DNS server gratis dan sedikit melakukan konfigurasi  di blogger.

Keuntungan dan Kerugian Custom Domain

Mungkin sahabat akan bertanya mengenai keuntungan dan kerugian setelah melakukan cutom domain di blogger (blogspot). Agar sahabat tidak ragu sebelum melakukan custom domain silahkan baca keuntungan dan kerugian dibawah ini ;

Keuntungan :

·         Sudah pasti sahabat memiliki alamat domain sendiri, tentu terlihat menarik dan terlihat lebih serius mengelolanya.
·         Tidak perlu memikirkan hosting ketempat lain cukup hosting  di blogger saja. Sahabat bisa menggunakan server FTP eksternal jika diperlukan.
·         Tidak perlu memikirkan biaya Hosting dan kehabisan Bandwith, cukup bayar domain saja per tahun.
·         Sahabat tidak kehilangan pengunjung, karena blogger akan mengarahkan  pengunjung ke alamat baru sahabat.
·         Sahabat tidak perlu pusing masalah konfigurasi MysQL,PHP,JAVA,FLASH dan lain lain.
·         Tetap bisa melakukan setting penuh  terhadap blogger. Yang jelas cukup aman dari serangan Spy,Phising,FTP hack,Defacegoogle hack dan lain lain.

Kerugian :

·         Sahabat akan kehilangan nilai Pagerank di google.
·         Sahabat perlu mengubah link barner dengan alamat yang baru.
·     Sahabat akan kehilangan alexa rank,ranking technoraty, dan rangking yang lainya. Dan sahabat harus mendaftar kembali di search engine.
·         Blog sahabat akan seperti bayi yang baru lahir.
·         Akan ada sedikit masalah pada image header yang mungkin tidak muncul setelah cutom domain.
Solusi :
·         Daftarkan ulang segera pada search engine dan derectory ( cukup : google,yahoo,bing) dan yang lainya jika diperlukan.

·         Jangan takut kehilangan  nilai page rank, sekali lagi nilai page rank tidak  terlalu pengaruh pada rangking search engine (terutama google).
·         Jangan ragu melakukan custom domain.

Semoga artikel diatas dapat membantu sahabat sahabat yang masih ragu atau bingung


DOWNLOAD PANDUAN CUSTOM DOMAIN



 
Previous
Next Post »