Menjadi Blogger Harus Percaya Diri

Inilah kadang yang menajdi momok seorang blogger adalah kurang percaya diri. Gejala ini bisa berupa selalu menyebut dirinya adalah  pemula (newbie), selalu menganggap orang lain lebih hebat daripada dirinya, dan malu mengungkapkan ide dan opini. Rasa kurang percaya memang wajar bagi pemula, namun kurang wajar kalau kita terus menerus terkungkung dalam kondisi itu. Lantas, bagaimana  menjadi blogger yang percaya diri? 


Banyak sekali teori dan cara, postingan ini saya akan berbagi cara saya membangkitkan percaya diri. Berikut cara saya membangkitkan percaya diri menajdi seorang blogger :

1. Buat Target Ngeblog

Tetapkan target ngeblog sesuai dengan tujuan ngeblog sobat. Jangan buat target yang rendah dan sangat mudah dicapai. Buatlah target yang tinggi yang bisa melambungkan rasa percaya diri Anda jika bisa mencapainya. Tulis target tersebut secara spesifik dan tentukan tenggat waktunya.
Sebagai contoh, target yang bisa Anda tetapkan:
  • Menghasilkan US $ 1.000 dari Google Adsense (misalkan)
  • Menghasilkan US $ 1.000 dari Infolinks
  • Mencapai 1.000 pelanggan RSS.
  • Menulis 200 postingan dalam dua bulan ke depan.
2. Buat satu langkah kecil

Target hanyalah sebuah “pajangan” bila tidak diiringi dengan langkah-langkah atau Action. Karena mencapai target besar perlu waktu,tenaga dan energi, maka lakukanlah dan buat satu langkah kecil. Misalnya, jika Anda menetapkan target ingin memperoleh penghasilan US $ 1.000 per bulan dari Google Adsense, maka mulailah dengan meningkatkan kemampuan SEO Anda atau memperbanyak jumlah tulisan di blog Anda.

Kegagalan mungkin saja akan muncul dalam langkah-langkah kecil yang sobat lakukan, namun jika Anda terbiasa membenahinya, maka halangan apa pun akan bisa Anda atasi. Karena dengan ke gagalan sobat akan tau dan lebih tau untuk memperbaiki kesalahan itu. Ingat..! lebih baik mencoba gagal daripada tidak mencoba sama sekali,sudah tentu 100% gagal. Buat juga sebuah jaringan untuk ngeblog

3. Mentor atau Panutan

Tidak bisa dipungkiri, mentor atau panutan sangat penting untuk meningkatkan percaya diri. Hal ini terutama berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi waktu dan energi Anda. Oleh karena itu, carilah mentor atau panutan yang bisa membantu Anda dalam mencapai target.

Mintalah saran dari dia, berlangganan RSS blognya, beli ebook yang dijualnya, atau ikutilah training online yang diselenggarakannya. Dengan demikian, pengalaman dan nilai-nilai positif dari mentor atau panutan tersebut akan membuat Anda lebih maju.

Sebagai contoh, salah satu blogger panutan saya adalah Daniel Scocco. Maka, saya pun berlangganan RSS blognya dan menjadi peserta pelatihan online yang diselenggarakannya (onlineprofits.com). Pengalaman dan materi training Daniel memberikan dan menambah wawasan bagi saya sehingga membangkitkan percaya diri dalam mencapai target.
Semoga  tips singkat di atas membantu sobat menjadi blogger percaya diri.
Previous
Next Post »