Cara Membuat Partisi di Linux

Kali ini saya akan berbagi mengenai tips dan trik Cara Membuat Partisi di Linux? Apa sih partisi,mungkin diantara sahabat semua sudah mengetahui, Ya bener membuat sebuah folder atau membagi sebuah space di hardisk istilahnya.

Tapi kali ini kita akan membuat sebuah partisi di linux untuk kepentingan hosting wordpress yang akan kita buat untuk sebuah website. Tujuanya buat apa dan kenapa harus di partisi? sudah pasti tujuanya adalah agar membantu memory utama ketika sudah mencapai overload atau batas maksimum. Kira kira seperti itu. Hampir lupa disini saya recomendedkan menggunakan hosting dari digital ocean yah? cara daftarnya bisa dilihat disini.

Saya asumsikan sahabat semua sudah memiliki akun dan sudah mendaftar di digitalocean, selanjutnya adalah kita akan membuat sebuah partisi di linux tersebut. Cara dan tutorialnya  sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah masuk ke putty, dan masukan username dan password yang dikirim oleh digitalocean sewaktu sahabat registrasi. setelah masuk lanjutkan ke langkah kedua dibawah ini.
  • Langkah kedua adalah  membuat sebuah partisi dengan menggunakan metode swap, caranya adalah ceka dahulu dengan ketik perintah : sudo swapon -s kalau nanti munculnya adalah sebagai berikut Filename Type Size Used Priority Maka anda belum memiliki sebuah partisi di hosting linux.
  • Langkah ketiga adalah membuat sebuah partisinya dengan cara ketik perintah : sudo dd if=/dev/zero of=/swapfile bs=1024 count=1024k untuk SWAP, idealnya jika memory dibawah 2GB maka Swapnya 2x Memory, jadi karena kita pake memory 512 MB swap kita adalah 1 GB. Kemudian lanjutkan dengan perintah : sudo mkswap /swapfile Maka akan muncul informasi seperti berikut :
Setting up swapspace version 1, size = 262140 KiB
no label, UUID=103c4545-5fc5-47f3-a8b3-dfbdb64fd7eb 
  • Langkah berikutnya adalah mengaktifkan swap nya dengan ketik perintah : sudo swapon /swapfile maka akan muncul informasi sebagai berikut : 
swapon -s
Filename Type Size Used Priority
/swapfile file 262140 0 -1 

 (diatas adalah informasi berhasil membuat atau mengaktifkan swap)
  • Langkah berikutnya adalah Jika kita reboot maka swapnya akan hilang, solusinya adalah dengan buat swap ini permanen dengan menambahkannya ke fstab dengan cara sebagai berikut: sudo nano /etc/fstab copy yang paling bawah: /swapfile none swap sw 0 0 
  • Berikutnya adalah Untuk mencegah memory crash, maka kita perlu menset Swapiness ke 10, angka 10 berarti swap akan diaktifkan saat emegency. Ketik perintah di putty dengan cara sebagai berikut : 
echo 10 | sudo tee /proc/sys/vm/swappiness
echo vm.swappiness = 10 | sudo tee -a /etc/sysctl.conf  
  • Langkah yang terakhir adalah melakukan set permission buat swapfile dengan cara sebagai berikut : 
sudo chown root:root /swapfile
sudo chmod 0600 /swapfile 

Oke selesai panduan membuat partisi swap di linux (digital ocean), Jika ada pertanyaan silahakn tinggalkan komentar. Terima Kasih




Previous
Next Post »