Hati Hati dengan SMS Banking?

Saat ini,transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun dengan menggunakan perangkat handphone atau smartphone. SMS Banking merupakan sebuah fasilitas layanan perbankan yang dapat memudahkan anda melakukan berbagai transaksi,mulai dari isi ulang pulsa,transfer sampai melakukan pembayaran tagihan kartu kredit semudah anda mengirim SMS. SMS Banking

Secara sederhana SMS Banking dapat dijabarkan seperti anda mengirim pesan SMS banking maka operator seluler akan meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Dari layanan mobile banking tersebut maka permintaan transaksi akan diteruskan ke server core banking yang berisi informasi akun nasabah. Respon atas SMS tersebut kemudian dikirimkan oleh aplikasi mobile banking kepada penyedia layanan Bulk SMS (layanan SMS massal) yang pada giliranya meneruskanya kepada pengguna yang valid melalui SMS.

Sebagai contoh dalam melalukan sebuah transaksi SMS Banking BRI kode atau pesan yang harus diketikan adalah ssebagai berikut :
  • Informasi Saldo : SALDO [spasi] PIN SMS
  • Transfer sesama BRI : TRANSFER BRI No.Rek. Tujuan [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.
  • Bayar kartu Kredit : BAYAR [spasi] CITI Nomor Kartu [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.
  • Beli Pulsa : PULSA [spasi] Nomor HP [spasi] Nominal/1000 [spasi] PIN SMS.

Kelamahan SMS Banking

Salah satu kelemahan SMS Banking adalah PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kotak keluar SMS atau sms outbox sehingga apabila ada orang yang meminjam HP anda bisa menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah anda gunakan tersebut. Resiko lainya adalah seandainya HP anda hilang dan masih ada history send message-nya maka PIN SMS Banking milik anda juga bisa diketahui oleh orang lain.

Saat ini ada beberapa operator atau metode yang digunakan untuk menyadap SMS. Misalnya pada operator yang menyediakan fasilitas forward dan copy SMS. Dengan demikian setiap kali orang melakukan pengiriaman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan pada nomor orang lain.

Metode Menyadap SMS Banking

Banyak yang mengira bahwa SMS Banking lebih aman daripada internet banking. Padahal SMS Banking juga tidak terlepas dari aksi penyadapan. Dalam bagian ini, saya akan menunjukan sedikit kepada anda bagaimana cara penyadapan SMS Banking dengan tujuan mendapatkan PIN SMS Banking. (Ini hanya sebagai pembelajaran,agar lebih hati hati,dan saya tidak ada maksud untuk mengajarkan teknik ini. Semata mata hanya untuk lebih hati hati dan waspada).

Disini saya menggunakan sebuah aplikasi yang sangat umum digunakan, yaitu aplikasi Bloove. untuk lebih jelasnya,silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini :
  • Klik menu DOWNLOAD kemudian Dari link diatas maka akan dibawa ke menu pilihan HP,silahkan pilih maka secara otomatis akan di download di PC anda.

  • Pada pilihan diatas saya memilih tipe HP Samsung, Lalu akan muncul pilihan Tipe Samsung, silahkan anda sesuaikan. Dan setelah memilih tipe maka akan muncul menu Download seperti dibawah ini, silahkan download.

  • Anda juga bisa mendownload langsung di market android atau playstore langsung.
  • Setelah anda download lakukan intaslasi Bloove dari komputer dengan menggunakan bluetooth atau kabel data.
  • Setelah proses intaslasi selesai,klik tombol open pada tampilan bloove.
  • Untuk menggunakan aplikasi ini,maka HP harus bisa mengirim data (harus ada koneksi internet).
  • Anda akan menerima sebuah ID yang anda butuhkan untuk memantau HP target atau Korban penyadapan. Catat ID tersebut. Di bawah ini adalah ID saya :
  • Selanjutnya adalah buka browser dan ketikan http://www.bloove.com/en dan dari halaman yang tampil klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran.

  • Isilah data yang diminta dalam form tersebut. Berikan pulan tanda centang pada bagian berikut.
  • Setelah selesai melakukan pendafataran, lanjutkan dengan login  menggunakan username dan password yang telah anda peroleh sebelumnya. Maka anda akan menerima ucapan selamata datang. Selanjutnya, Pada bagian bawahnya masukan ID yang telah anda dapatkan pada langkah di nomor 8 tadi.
  • Tunggulah beberapa saat, sampai proses loading selesai. Apa yang dilakukan disini sebenarnya adalah proses mengambil semua data yang ada dalam HP korban,termasuk kontak,SMS,telepon masuk/keluar dan sebagianya. Dan lihatlah apa yang saya dapatkan.
  • Saya pemilik blog ini, fokus pada cara menyadap SMS banking dan mencari PIN yang digunakan oleh target maka tidak akan saya bahas mengenai hal hal yang lainya. (Riskan,Saran saya hati hati Frend, jangan pernah beranggapan SMS Banking aman buat anda,dan ini sudah saya buktikan). Langsung saja klik pada menu messages yang terdapat pada panel sebelah kiri. Untuk melihat SMS yang diterima seseorang,Klik pada tab Inbox.
  • Selanjutnya terserah anda,saya tidak akan mengajarkan bagaimana cara atau teknik berikutnya. Seperti kata saya diatas ini hanyalah semata mata buat pembelajaran semata. Jangan disalah guanakan. Terima Kasih.

TIPS Kemamanan SMS BANKING

  • Segera hapus pesan transaksi yang sudah terkirim dari HP anda untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain.
  • Jangan menyimpan nomor PIN SMS Banking dalam HP.
  • Pastikan Nomor HP yang terdaftar pada layanan SMS Banking merupakan nomor pribadi Anda.
  • Hubungi Pihak Bank apabila HP Anda yang terdaftar pada SMS Banking Hilang.
Mudah mudahan bermanfaat dan lebih hati hati dalam melakukan segala transaksi. Saya hanya memberikan sedikit dan berbagi mengenai  ilmu jalanan saya yang saya dapat. Hati hati dan Waspadalah.





Previous
Next Post »