Mengenal CTR (Click Through Ratio)

CTR paling sering ya dibahas, kenapa CTR saya kecil, kenapa gede, kenapa begini kenapa begitu? Paling banyak orang menyalahkan template dan ads placement ketika mendapatkan CTR yang kecil. Sebelum berjalan lebih jauh melihat dari sudut pandang yang tidak biasa, mari kita lihat rumus umum CTR 

CTR = Pageviews/Adsclick

CTR adalah hasil dari pembagian jumlah pageview dengan jumlah klik iklan. Yang berpengaruh terhadap pageview tentu saja adalah VISITOR, dan yang mempengaruhi adsclick ada banyak..

Mari kita bahas satu persatu, jumlah iklan yang terklik atau adsclick dalam suatu sites tidak melulu hanya dipengaruhi oleh factor template dan penempatan iklan. Jika kita melangkah lebih jauh, banyak factor yang mempengaruhi adsclick. Terutama adalah behavior atau perilaku visitor sites kita, behavior atau perilaku itu dipengaruhi juga oleh gender (jenis kelamin), usia, tempat tinggal, dan tentu saja niche sesuai target visitor kita.

Kita coba bandingkan seperti ini, ada 1 blog isinya informasi tentang kesehatan Ibu dan anak (dari situ bisa dilihat targetnya mesti wanita, dewasa, melek internet), lalu ada blog lain yang isinya informasi mengenai tutorial membuat blog/template/adsense (targetnya tentu blogger, calon blogger, dkk), dan yang terakhir adalah situs yang isinya flash based game (targetnya tentu anak2x).

Dari ke 3 blog diatas, jika kita mengasumsikan memiliki visitor dan pageviews yang sama dengan template yang sama (atau menyesuaikan), menurut kalian mana yang paling banyak mendapatkan adsclick? Mungkin jawabannya akan berbeda ya, tapi kala saya pribadi akan memilih blog flash based game dengan target anak anak. Mengapa? Karena biasanya anak anak sering asal click, apalagi ketika niche kita game, ads yang muncul pun biasanya gaming ads.

Dari pemilihan Niche terkait gender dan usia tersebut kita dapat membuat kesimpulan bahwa adsclick yang nantinya akan berpengaruh terhadap CTR tidak hanya melulu dipengaruhi oleh template dan penempatan iklan kan.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
5 September 2014 16.42 ×

Ok om jadi lebih tahu, sebenarnya saya ingin serius ngeblog dan dimonetize, tapi kesibukan tugas-tugas sekolah jadi jarang ngeblog.

Btw template barunya bagus juga lebih nyaman.

Reply
avatar
Amad Soleh
admin
5 September 2014 19.27 ×

sama sama kang herman, itu template catatan info kang.

Reply
avatar