Cara Mencairkan Cek atau Cheque Ke Bank BNI

Pengalaman adalah guru yang tidak pernah kita dapatkan dimanapun. Sama seperti halnya saya saat ini dimana saya sudah hampir 10 tahun lebih bergelut di bisnis online, baru kali ini saya menerima cek atau cheque dari affiliate yang saya ikutin. Sedikit cerita kenapa saya menggunakan cek di program bisnis online ini.

Saya mengikuti salah satu program bisnis online affiliate dari negara timur tengah, dimana negara tersebut menerapkan sistem pembayaran menggunakan dua pilihan yaitu cek dan wire. Namun disini wire yang saya maksud berbeda dengan wire yang saya isi di bank eropa seperti USA,UK dan lain lain. Awal mula saya bingung harus menerpakan pilihan pembayaran yanga mana karena jika saya menggunakan cek saya belum tahu cara mencairkan dan butuh berapa lama untuk sampai ke rekening saya. Dan saya mencoba menggunakan pilihan yang kedua Wire. Namun setelah saya isi semua saya menemukan sebuah kejanggalan dimana bank timur tengah harus melakukan dan mengisi kode IBAN. Sampai disini saya dibuat bingung dengan kode tersebut. Karena untuk bank indonesia yang dibutuhkan hanyalah routing number dan swift code. Mencoba mencari jalan keluar untuk menghubungi call center baik dari bank bni,bca,bri untuk menanyakan kode IBAN namun jawaban yang saya dapat adalah sama. Untuk pembayaran melalui bank luar yang dibutuhkan hanyalah dua routing number dan swift code. 

Karena tidak memnemukan sebuah solusi, akhirnya saya mencoba untuk menghubungi account manger saya dari program bisnis online tersebut bahwa untuk negara indonesia tidak menggunakan kode IBAN. Akhirnya saya diberikan sebuah solusi untuk menerima pembayaran menggunakan cek yang dikirimkan ke alamat rumah saya. Setelah menunggu beberapa minggu akhirnya cek yang saya harapkan datang kerumah, namun yang jadi permasalahanya adalah bagaimana cara mencairkan cek tersebut.


CARA MENCAIRKAN CEK DI BANK BNI:
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah :
  • Siapkan Cek Asli Affiliate dan Buku Tabungan BNI
  • Bawa KTP atau Identitas lainya.
Jika semua data diatas sudah Anda penuhi dan siapkan, selanjutnya Anda bisa bergegas menuju ke kantor bank bni terdekat untuk mencairkan cek Anda. Cukup simple dan Anda akan dibantu oleh pihak customer service untuk hal tersebut.  Setelah Anda ditanya tanya oleh pihak customer service mengenai dari mana cek didapat dan Anda pun bisa menjawab dari program bisnis online affiliate. Maka pihak customer service akan mengarahkan kita ke manager pimpinan (seperti saya saat mencarikan cek ke BNI). Jangan lupa Anda tanda tangani bagian belakang cek dan berikan nama jelas serta kontak telepon Anda.

BERAPA BIAYA DIKENAKAN :

Dalam pencairan cek kemarin saya dikenakan biaya 100 ribu untuk administrasi awal dan nantinya akan dikenakan biaya kembali sebesar $10 jika proses sudah selesai. Jadi total $20.

BERAPA LAMA PROSES PENCAIRAN :

Proses pencairan cek di bank bni kisaran 40 hari (informasi yang diberikan maneger bni kepada saya) dimana proses tersebut akan digunakan untuk melakukan dan mengecek keaslian dari cek tersebut ke pihak bank luar dan nantinya Anda akan di hubungi oleh pihak BNI juga untuk hal hal jika ada data yang dibutuhkan kurang. Cukup lama memang namun itulah prosedure yang diterapkan oleh bank bni.

Berikut Adalah Hasil Affiliasi saya :






Previous
Next Post »