Cara Mudah Mencari Keyword dan Bersaing dengan Kompetitor

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keyword adalah dengan melihat blog atau website milik Kompetitor. Menurut Saya, inilah cara termudah untuk memperoleh keyword. Mengapa ?, disini Kita tidak perlu susah-susah riset kesana-kemari, melainkan Kita hanya melihat Artikel apa yang Populer pada blog atau web tersebut. Disini Saya akan membagi Kompetitor menjadi 3, yaitu Situs Article Submission, Situs Social Bookmark dan Blog yang memiliki konten sejenis dengan blog Sobat.
  1. Recomended Situs Article Submission. Situs Article Submission merupakan situs yang didalamnya berisi banyak sekali konten milik orang lain. Jadi, konten-konten yang ada didalamnya bukanlah hasil murni dari pemilik situs, melainkan hasil dari patungan dengan banyak penulis luar. Artikel yang masuk kedalam situs article submission bukanlah sembarang artikel. Setahu Saya dan menurut pengalaman Saya sendiri, artikel yang ingin dimasukkan kedalam situs article submission harus melalui proses review dan artikel bukanlah hasil duplikat. Jadi, disini kualitas artikel sangat dikedepankan.
  2. Populer Situs Social Bookmark. Hampir sama seperi situs article submission. Situs Social Bookmark juga merupakan situs yang konten didalamnya berasal dari Penulis luar. Namun, yang membedakan antara situs article submission dan situs social bookmark adalah situs article submission mengharuskan pemublish untuk mempublikasikan konten original dan untuk diterima memerlukan proses review, sedangkan situs social bookmark merupakan situs yang artikelnya berasal dari duplikasi konten dari situs utama dan langsung di approve. Untuk mengetahui keyword Populer dari Situs Social Bookmark bisa dibilang lebih muda. Karena biasanya Populer post yang ada di situs social bookmark itu ditunjukkan secara jelas pada bagian homepage – Bukan berupa link rekomendasi, melainkan link terPopuler dari situs tersebut.
  3. Populer Blog se-Niche. Jika pada contoh sebelumnya kita sudah membahas mengenai situs competitor yang berisi konten dari orang ke-tiga. Untuk contoh ketiga ini kita akan mencari blog atau website yang memiliki niche yang sama dengan blog kita. Caranya mudah kok. Silahkan Sobat mencari di search engine blog yang memiliki niche yang sama dengan blog sobat lalu lihat pada bagian “popular post”.

Analisa Suggest


Cara lain yang bisa digunakan untuk memperoleh keyword adalah dengan memanfaatkan Suggest (Saran). Nah, Google sebagai search engine terbesar didunia telah menyediakan fitur Google Suggest. Jadi, ketika kita mengetik sebuah keyword didalam kotak serp, maka Google akan memperlihatkan berbagai macam pilihan Suggest. Disamping Google Suggest, ada berbagai macam tool yang juga menyediakan suggest, salah satunya adalah Ubber Suggest Tool. Nah, kita akan membahasnya satu per satu.

  1. Google Suggest. Ketika kita memasukkan sebuah kata kunci kedalam kotak serp google, maka akan muncul berbagai macam pilihan yang ditawarkan oleh Google. Nah, pilihan inilah yang disebut sebagai Google Suggest. Google suggest itu dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah Google suggest yang bertempat didalam kotak serp, sedangkan yang kedua adalah Google Suggest yang terletak pada kolom serp bagian bawah.
  2. Uber Suggest. Selain menggunakan Google Suggest, ada Tool lain juga yang terkenal dikalangan para blooger untuk memanen keyword, yaitu ubersuggest. Untuk menggunakan Ubersuggest caranya sangat simple. Berikut ini tahap-tahap melakukan riset keyword dengan menggunakan Ubersuggest keyword Tool.

Analisa Manual Serp.


Untuk menemukan keyword, bisa juga dilakukan secara manual. Yaitu tanpa menggunakan Tool apapun. Yang dilakukan hanya mengamati alur search engine. Toh meskipun menggunakan toll itu hanya digunakan untuk mempermudah pencarian keyword secara manual. Disini Saya akan menjelaskan bagaimanakah cara untuk menemukan keyword dengan cara membaca alur serp. Saya membaginya menjadi dua, yang pertama dengan melihat serp sedangkan yang kedua dengan melihat domain authority (DA) dan page authority (PA).
  1. Melihat Peringkat Search Engine. Sebenarnya, hanya dengan melihat serp saja kita sudah bisa menemukan keyword. Hanya saja, terkadang kita terlalu terpaku dengan yang namanya Tool. Kenyataannya, banyak sekali blogger yang telah menggunaan Tool untuk mencari keyword, namun tetap keyword yang diambil tidak tepat. Hasilnya, traffic blog yang diinginkan untuk naikpun tidak tercapai.
  2. Melihat DA dan PA. Entah Sobat sudah tahu atau belum. Sudah 2 tahun ini Google tidak memperbaruhi Algoritma utuk Google Pagerank, alias sudah tidak ada update pagerank lagi. Nah, melihat keadaan ini banyak sekali blogger-blogger master yang memiliki paradigma baru bahwa sekarang Google sudah tidak melihat kualitas blog dari segi pagerank, melainkan Google melihat kualitas blog dari segi DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). DA dan PA merupakan otoritas domain dan page. Semakin tinggi otoritasnya maka posisi konten di Search Engine akan semakin baik.

Analisa Keyword Tool


Untuk teknik riset yang satu ini pastilah Sobat semua sudah pernah melakukannya. Yup, teknik riset keyword yang dengan memanfaatkan keyword tool. Ada banyak sekali keyword tool yang ditawarkan di Internet. Dari keyword tool yang gratis, hingga yang berbayar. Namun, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas keyword tool yang gratis sajalah. Toh yang gratis aja uda powerfull.
  1. Google Keyword Tool. Google keyword tool sudah tidak asing ditelinga para blogger. Yah, ini dikarenakan Google keyword tool merupakan salah satu fitur yang ada didalam Google adword. Sebenarnya, Google keyword tool itu disediakan untuk para calon pengiklan di Google. Jadi, para calon pengiklan ini akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga iklan yang akan dibayar ke Google. Namun, seiring dengan berjalannya waktu para Blogger juga ikut memanfaatkannya.
  2. Keyword Revealer. Hampir mirip dengan Google keyword tool, Keyword revealer pun merupakan salah satu keyword tool yang popular dikalangan para blogger. Menurut Saya, salah satu kelebihan dari Keyword Revealer adalah adanya Filter Spesifik. Jadi, seumpama hasil penelusuran ditemukan 600 niche keyword, maka dengan memanfaatkan fitur Filter yang mudah dari Keyword Revealer ini niche keyword tersebut bisa dirampingkan menjadi 400 niceh keyword. Dengan merampingkan niche keyword maka seorang blogger bisa lebih mudah untuk menentukan Long Tile Keyword.

Sumber : Diambil dari berbagai sumber

Previous
Next Post »