Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Visi Tanpa Tindakan Merupakan Khayalan Pribadi

Tentukan Tujuan dan Rancang Rencana Tindakan untuk Hidup. Dengan menggunakan visi yang telah anda ciptakan,rancanglah sebuah rencana tindakan yang akan membawa anda ke arah realisasinya. Tentu saja, visi pada dasarnya merupakan desain besar dan biasanya tidak tercapai dalam satu malam. Jadi, pilah pilahlah semua aspek visi anda menjadi beberapa tujuan dan tindakan yang dapat di capai yang akan mendukung sasaran anda secara keseluruhan.



Marilah kita membicarakan tentang tujuan. Tujuan merupakan cita cita yang akan anda upayakan tercapai pada tanggal tertentu. Dengan kata lain, tujuan didasarkan pada waktu. Tujuan yang besar akan memaksa anda,mendorong anda tumbuh dan mengambil risiko diluar wilayah nyaman anda. Namun, tujuan ini seharusnya bukan beban yang begitu berat sehingga anda tidak dapat merealisasikanya dalam kerangka waktu yang anda maksudkan.  Tujuan yang memotivasi  dan memberdayakan akan mengilhami tindakan. Fungsi utama penentuan tujuan ialah untuk mengilhami anda  agar terlibat dalam pencarian sesuatu pencapaian. Pencarian yang sesungguhnya ini lebih penting dari sudut pandang pertumbuhan dan proses belajar daripada pencapian itu sendiri.

Penentuan tujuan seharusnya berperan untuk memberdayakan tindakan tindakan anda dan memacu diri anda. Julukan "Kegagalan" selalu merupakan interprestasi yang tidak di inginkan dan tidak perlu kita pilih untuk di elakan. Sebaliknya,marilah kita berikan ucapapan selamat pada diri kita sendiri terutama karena keberanian kita mencari tujuan tersebut. Artinya, karena jika sesuatu alasan kita tidak mencapai tujuan kita sesuai dengan tanggal penyelesaian yang di harapakan,kita dapat menentukan tujuan baru karena tahu bahwa kita sudah lebih kaya oleh pengalaman yang telah kita himpun melalui keinginan yang berani untuk mencapai tujuan tersebut dengan upaya penuh! Dengan demikian,kita cukup bertanya, "Apa yang hilang yang kiranya dapat di lakukan untuk mendukung kita mencapai tujuan berikutnya?".

Buatlah sebuah rencana untuk pada masing masing bidang dan ajukan pada diri sendiri dan tanyalah pada diri anda untuk semua pertanyaan tersebut.

1. Apa saja jangka panjang Anda? Pilihlah waktu selama 5,10 atau 20 tahun.
2. Apa tujuan anda dalam satu tahun? Tujuan ini dapat berupa sasaran yang harus dicapai atau tindakan yang     akan mendukung cita cita anda.
3. Apa sasaran anda dalam tiga tahun,enam bulan atau sembilan bulan ke depan? Sasaran antara ialah tujuan     sementara yang akan anda selesaikan dalam perjalanan menuju cita cita jangka panjang anda.



Posting Komentar untuk "Visi Tanpa Tindakan Merupakan Khayalan Pribadi"