Carilah Niche yang Tingkat Kompetisinya Tinggi


Keberhasilan sebuah bisnis didunia may,terutama yang menggunakan metode affiliate marketing tak terlepas dari tepat tidaknya sebuah niche yang dipilih. Niche merupakan “Ceruk” pasar yang “Hot” akan memnungkinkan anda meraup dollar secra kontinu dan tanpa henti. Sebaliknya,niche yang kering akan membuat anda gigit jari karena dollar yang dinanti tak kunjung tiba. Jadi intinya, dalam dunia bisnis didunia maya,pemilihan sebuah niche itu sangatlah kruasial.

Jadi bagaimana memilih niche yang tepat?  Banyak pakar yang berpendapat,sebaliknya anda memilih topik yang disenangi dan disukai. Namun, pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Jika ingin membuat sebuah blog,maka saran untuk memilih topik yang disukai itu tepat,karena anda harus mengisi  blog dengan konten dalam jangka waktu panjang.

Namun untuk sebuah bisnis,apalagi affiliate marketing,tidak menjadi soal apakah topik yang dipilih itu disukai atau tidak. Yang paling penting adalah produk itu bisa terjual dan pproduk itu bisa menyelesaikan masalah secara tepat. Itu intinya ! tapi tentu saja, idealnya kita memilih topik yang disukai dan sekaligus yang bisa laku di jual.

Kalau begitu bagaimanaa cara mencari produk yang banyak dibeli orang? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan .

Cari yang kompetisinya tinggi

Pendapat ini mungkin terdengar aneh,namun sebenarnya menagadung kebenaran. Anda disarankan untuk mencari niche yang tingkat kompetisinya tinggi. Kenapa?  Karena adanya kompetisi secara nyata menunjukan bahwa ada pembeli disana.

Tingkat kompetisi akan terlihat jika kita menuliskan kata kunci tertentu pada kotak pencarian google. Jika pada bagian atas dan sebelah kanan hasil pencarian terpampang sejumlah iklan yang terkait dengan kata kunci,itu menunjukan bahwa kata kunci itu populer. Sebagai contoh  jika kita ketikan sebuah kunci niche yakni “makingmoney online” hasil pencarian akan terlihat sepeti gambar dibawah ini .




Pada bagian atas hasil pencarian setidaknya ada tiga iklan yang terkait dengan ‘making money online’. Begitu juga pada bagian sebelah kanan menunjukan bahwa kompetisi untuk niche 'making moneyonline’ tergolong sangat sangatlah tinggi.

Kompetisi menunjukan kepopuleran

Jika sebuah niche tergolong ramai,itu menunjukan tingkat kepopuleran niche itu. Niche yang populer artinya anda punya celah yang bisa di masuki. Niche yang populer juga memudahkan upaya anda. jikaniche yang dipilih tidak populer,anda harus melakukan berbagai usaha untuk memeperkanalkan kepada pembaca karena hampir bisa dipastikan mereka sudah mengetahui seluk beluk niche itu dari sumber lain.

Misalkan anda memilih niche “making money online” anda tidak perlu repot repot menjelaskan apa cakupan dari niche ini,karena dapat dikatakan semua pengguna internet sudah paham maksudnya.

Kompetisi Justru mempermudah

Tingginya kompetisi justru mempermudah anda meraup dollar. Mungkin ide ini terkesan anaeh dan tidak masuk akal,namun begitulah situasinya. Yang diperlukan adalah kreativitas,yakni dengan mempersempit niche menjadi sub niche atau memasuki celah yang selama ini di abaikan oleh kompetitor yang tergolong pakar. Dengan memasuki sub niche atau menciptakan frase kata kunci sub niche yang  baru,anda akan masuk ke situasi dimana anda tak punya pesaing dan itu mempermudah kucuran dollar.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
10 September 2016 14.36 ×

makasih mas buat ilmu nya...

Congrats bro Karisma Lidya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar